Kamis, 30 Desember 2010

Tips Resolusi Mudah di Tahun Baru


Setiap tahun baru orang cenderung membuat resolusi yang itu-itu saja, seperti menurunkan berat badan atau hidup hemat. Namun selalu saja resolusi itu tidak tercapai. Berikut tips membuat resolusi yang lebih mudah dijalankan.

1. Menurunkan Berat Badan
Coba buat resolusi menurunkan berat badan ini menjadi lebih konkrit. Ketimbang hanya ingin turun berat badan, langsung saja buat resolusi misalnya, tahun depan harus olahraga tiga kali seminggu. Dengan mengganti resolusi menjadi lebih sering berolahraga, otomatis penurunan berat badan pun bisa dilakukan.

2. Stop Berutang
Berbelanja dan membayar dengan kartu kredit memang terlihat menyenangkan. Namun ketika tagihan datang, Anda ternyata bingung karena harus membayar cukup banyak melebihi pendapatan. Alhasil Anda pun memilih membayar dengan batas minimum. Jika hal ini sering dilakukan, utang pada pihak kartu kredit pun semakin banyak. Padahal resolusi Anda di tahun ini adalah berusaha mengurangi utang. Ingin membuat resolusi ini menjadi lebih mudah? Kenapa tidak coba salah satu dari dua pilihan ini: membayar lebih Rp 100 ribu dari batas minimum atau stop berbelanja sepatu. Menjalankan satu dari pilihan tersebut akan menjadi lebih mudah ketimbang Anda hanya mengatakan ingin stop atau mengurangi utang di 2011.

3. Makan Sehat
Menulis 'makan lebih sehat' sebagai resolusi tahun baru sangat tidak konkrit. Sebaiknya buat resolusi tersebut lebih mudah dijalankan. Misalnya saja, makan setidaknya satu buah-buahan setiap sarapan dan makan siang atau stop mengonsumsi kopi di pagi hari.

4. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Bersama Keluarga
Sekali lagi, buat resolusi tahun baru menjadi lebih mudah untuk dijalankan. Ketimbang hanya mengatakan ingin menghabiskan lebih banyak waktu, langsung saja buat resolusi seperti seminggu sekali mengobrol dengan keluarga.

5. Hidup Lebih Teratur
Membuat hidup lebih teratur dalam segala hal rasanya sulit untuk dilakukan. Jadi ketimbang membuat resolusi tersebut, buat menjadi lebih gampang. Anda bisa menjadikan 'tidur minimal jam 10 malam di hari kerja', misalnya sebagai resolusi tahun baru. Resolusi lainnya contohnya sisihkan 10 persen dari gaji untuk menabung.

Kompas, 29 Desember 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar