Kamis, 20 Desember 2012

BESOK KIAMAT, YA?



Film 2012 yang release dua tahun yang lalu memang memberikan efek yang besar bagi banyak orang. Film tersebut mengisahkan bahwa kehidupan di bumi bakal berakhir pada tanggal 21 Desember 2012 sesuai dengan prediksi penanggalan Suku India Maya. Kehebohanpun muncul di berbagai kalangan. Ada yang menanggapinya secara berlebihan namun banyak pula yang menganggap film tersebut hanya sebuah produk industri kreatif belaka.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tegas mengharamkan untuk percaya bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012, besok. Umat Islam dihimbau untuk tidak percaya terhadap ramalan Suku Maya tersebut karena dianggap tidak masuk akal. Bahkan dua tahun lalu, MUI Banjarmasin dan Malang sempat mengeluarkan fatwa bahwa menonton film 2012 pun juga dianggap haram karena dianggap bisa merusak akidah umat. Hmmmm ....masalahnya saya dan istri sudah nonton tuh. Jadi perbuatan kami berdua dapat dikategorikan tindakan haram kah?

Tetapi sebenarnya menurut saya, Suku Maya sendiri tidak pernah meramalkan bahwa dunia bakal kiamat besok. Isu kiamat sebenarnya hanya berdasar pada berakhirnya kalender penghitungan panjang (long count) Maya pada b’aktu 13, tepatnya tanggal 12 Desember 2012. Tidak dengan tegas dijelaskan bahwa dunia juga akan berakhir. Kepanikan datangnya kiamat merupakan bumbu marketing dari peluncuran film 2012 besutan Roland Emmerich dan novel fiksi The Mayan Testament karya Steve Alten.

Bila kiamat benar-benar terjadi besok, saya termasuk di antara insan bola yang berduka. Kenapa? Karena sampai kiamat pun Timnas PSSI belum pernah masuk Piala Dunia. Menyedihkan, bukan? Namun para koruptor Hambalang bakal bersorak lega karena lepas dari hukuman di dunia ini walaupun ngeri juga bila melihat hukuman kekal yang tengah menanti. Jakarta masih belum bebas dari banjir, dan persiapan Natal tahun ini juga bakal berantakan.

Namun sejujurnya saya tidak terlalu perduli bila kiamat terjadi besok. Ada Yesus yang memegang kehidupan saya. Bagaimana dengan engkau? Siapa yang memegang kehidupanmu?

“Akulah jalan, kebenaran, dan kehidupan. Tidak ada yang sampai kepada Bapa jika tidak melalui Aku.” -Yesus Kristus
                                                                                                                       
Jangan takut, Yesus berjanji akan menyertai kita sampai pada akhir zaman.
Selamat menyambut Natal 2013 .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar